Jumat, 01 Oktober 2010

“Berakar dalam Kristus” (Kegiatan Outbond Pemuda GMIST di Surabaya)





Kolose 2 : 7 “ Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan di bangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur”.

Itulah tema yang diambil dalam Outbond Pemuda GMIST 2009 yang lalu, tepatnya pada 19-21 September 2009 di Bukit Hermon—Tumpang Malang. Tema ini kami ambil sebagai sebuah modal awal menjadi seorang Kristen. Ditengah-tengah tantangan pergaulan anak muda saat ini, tanpa berakar dalam Kristus tak akan mampu bertahan dalam kebenaran.
Inilah sebuah impian yang menjadi kenyataan, akhirnya setelah proses bergumul dalam doa & berkat sokongan semangat serta usaha dari seluruh warga GMIST terkhusus Mesias, outbond yang diselenggarakan oleh GMIST MESIAS & menggabungkan pemuda 3 jemaat GMIST se-surabaya terwujud sudah.
Walaupun jumlah peserta jauh dari yang ditargetkan namun dengan bantuan Unlimited Creative (UC) Outbond Trainer peserta pulang dengan membawa 6 Poin penting yang sudah ditargetkan : Disiplin, Hati Hamba, Persaudaraan, Pengorbanan memberi yang terbaik, Respect / Menghargai & Hati yang Bersyukur.
Semangat “Yesus Banget!!!Huu..Haa..” & salam “Syalom Anak Raja!!!” membawa 24 pemuda menjalani Outbond dengan totalitas penuh. Tak terlihat sedikitpun kelelahan diraut wajah mereka, walaupun mereka harus melewati medan area yang tidak mudah ditambah dengan tantangan permainan yang menguras tenaga, hati & pikiran.
Di hari pertama peserta mulai ditanamkan nilai Disiplin, Hati Hamba & Respect bagi tiap peserta yang membawa perlengkapan kurang lengkap dikenakan hukuman,yaitu menjadi HAMBA. Karna kita diajarkan untuk menjadi HAMBA yang mengikuti kehandak maka setiap peserta yang mendapat plakat HAMBA wajib untuk melayani teman2 yang tidak berplakat HAMBA. Poin dari hukuman ini adalah menekankan pada sebuah kerendahan hati untuk mau mengakui kesalahan & melakukan konsekwensi tanpa mengeluh. Tak sedikit peserta yang mendapat plakat HAMBA, akan tetapi mereka melakukan konsekwensi hukuman mereka dengan kerelaan hati & sukacita karna setiap peserta memahami bahwa ini adalah aplikasi dari Firman Tuhan.
2 Hari berturut-turut peseta melalui 12 permainan bermakna, Genangan Lumpur, Sungai air dingin berbatu, Bukit yang curam, melewati jembatan bambu, sampai tembok yang tinggi, semua berhasil dilalui bahkan ada satu team yang rela menggendong teman team mereka yang kakinya sakit untuk tetap bisa bermain & melewati semua medan yang terjal serta sungai berbatu yang panjang. Tak selesai sampai disitu tiap malamnya ditutup dengan ibadah pemaknaan oleh Ev. Frely David, Pdt.Moses & Pdt. Yphanes Panjaitan melengkapi & membawa peserta lebih dalam berakar dalam kristus. Waktu pengakraban, waktunya masamper...kami bernyanyi berbalasan sambil mengitari api unggun sederhana..suasana yang hangat mengakrabkan satu dengan yang lainn, menghilangkan kelelahan dihari kedua. Di hari terakhir untuk sungguh berakar dalam Kristus setiap peserta diajarkan untuk mengucap syukur terutama pada lingkungan terdekat yaitu orang tua, kami ingin mengadakan pemulihan antara hubungan orang tua & anak, setiap peserta diwajibkan menulis surat tentang isi hati mereka kepada orang tua masing-masing, dan surat itu akan disampaikan ke orang tuanya. Tak terasa Air mata peserta menetes seraya meresapi segala nilai yang harus dibawa pulang untuk terus berakar dalam Kristus seperti ayat hafalan dihari terakhir “1 Korintus 9:27—Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya , supaya sesudah memberitakan injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak”.
Finaly kami sungguh bersyukur pada Tuhan yang mengijinkan semua berjalan dalam pernyertaanNya yang Luar Biasa, tak sia-sia rasanya perjuangan megumpulkn dana hingga harus berjualan Es Buah, Pisang Goreng serta baju2 bekas yang disupport penuh oleh para Orang Tua & persiapan setahun lalu, meskipun masih ada yang kurang lengkap tanpa kehadiran pemuda dari Torsina, kami berharap di Tahun depan acara sperti ini dapat berlangsung kembali & meningkatkan kapasitas kita untuk hidup dalam Tuhan & persaudaraan yang terjalin erat antar pemuda GMIST 3 Jemaat!

"u-nita angelina"

1 komentar:

  1. suka banget sama artikel seperti ini. informatif dan sangat menginspirasi... Terus berkembang ya n ajak semua pemuda ressort untuk berbagi cerita ttg kegiatan mereka. Maju terus, Buletin Sinasa!!

    BalasHapus